Paket Hidrolik-X 1 Unit
Paket Hidrolik-X 2 Unit
Paket Hidrolik-X 3 Unit
Paket Hidrolik-X 4 Unit
Paket Hidrolik-H 1 Unit
Paket Hidrolik-H 2 Unit
Paket Hidrolik-H 3 Unit
Paket Hidrolik-H 4 Unit
Hidrolik Motor
Hidrolik Type-H Satuan
Hidrolik Type-X Satuan
Sparepart Hidrolik

HIDROLIK MOBIL aplikasi penerapan hukum pascal


HIDROLIK MOBIL adalah sistem yang berkembang dari penerapan aplikasi hukum pascal, yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.
Sistem Hidrolik adalah Suatu sistem yang memanfaatkan tekanan fluida sebagai power (sumber tenaga) pada sebuah mekanisme. Karena itu, pada sistem hidrolik dibutuhkan power unit untuk membuat fluida bertekanan. Kemudian fluida tersebut dialirkan sesuai dengan kebutuhan atau mekanisme yang diinginkan.

Bunyi Hukum Pascal
"Tekanan yang bekerja pada fluida statis dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata, artinya besar tekanan yang menekan wadah sama besar di setiap tempat, hal ini dikenal sebagai prinsip PASCAL".

Setelah Anda mengtahui bunyi hukum pascal, maka Anda sudah seharusnya tahu di mana prinsip hukum pascal tersebut diaplikasikan/diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa penerapan/aplikasi ilmu atau teori tersebut tidak akan beruguna/bermanfaat. Tujuan kita mempelajari sebuah teori adalah untuk memudahkan hidup kita dalam menghadapi permasalahan sehari-hari serta dapat menciptakan peluang dari sistem tersebut. Berikut ini kami berikan beberpa penerapan/aplikasi sederhana tentang konsep hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari.
Peralatan-peralatan yang menggunakan prinsip kerja Hukum Pascal antara lain dijelaskan sebagai berikut.

Dongkrak Hidrolik
Pernahkah kamu melihat orang mengganti ban mobil? Bagian badan mobil yang akan diganti bannya harus diganjal supaya badan mobil tidak miring. Untuk melakukan itu, digunakan dongkrak hidrolik.

Dari Gambar berikut ini memperlihatkan skema dongkrak hidrolik mobil yang terdiri atas
  • Dua bejana yang berhubungan terbuat dari bahan yang kuat misalnya besi
  • Penghisap kecil dan penghisap besar
  • Minyak pengisi bejana
 Adapun cara kerja dongkrak hidrolik mobil tersebut adalah sebagai berikut. Ketika sebuah gaya F1 diberikan melalui tuas dongkrak untuk menekan penghisap kecil A1, tekanan ini akan diteruskan oleh minyak ke segala arah. Oleh karena dinding bejana terbuat dari bahan yang kuat, gaya ini tidak cukup untuk mengubah bentuk bejana. Satu-satunya jalan, tekanan ini diteruskan oleh minyak ke penghisap besar A2. Tekanan pada penghisap kecil A1 dapat dituliskan:
RUMUS TEKANAN 1
Tekanan ini sama dengan tekanan yang diterima pengisap besar A2. (Ingat Hukum Pascal)
RUMUS TEKANAN 2
Keterangan:
F1 = gaya pada penghisap kecil (N)
F2 = gaya pada penghisap besar (N)
A1 = luas penampang pengisap kecil (m2)
A2 = luas penampang pengisap besar (m2)

 Contoh soal tentang Prinsip Pascal
Sebuah dongkrak hidrolik dengan luas pengisap kecil A1 = 10 cm2 dan luas pengisap besar 60 cm2 digunakan untuk mengangkat beban 6.000 N. Berapa gaya tekan yang harus diberikan pada pengisap kecil supaya beban tersebut terangkat?

Penyelesaian:

Diketahui:
A1 = 10 cm2 = 10-3 m2
A2 = 60 cm2 = 6 × 10-3 m2
F2 = 6000 N

Ditanyakan: F1 = ?

Jawab:
P1 = P2
F1/A1 = F2/A2
F1/10-3 m2 = 6000 N / 6 × 10-3 m2

F1 = 1.000 N
Jadi, diperlukan gaya 1.000 N untuk mengangkat beban seberat 6.000 N.

 Rem Hidrolik
Tak terbayangkan jika sistem rem pada mobil tidak menggunakan Hukum Pascal. Pengendara mobil akan memerlukan tenaga besar untuk menghentikan laju mobilnya. Akan tetapi, dengan menerapkan Hukum Pascal pada sistem rem mobil, pengemudi hanya perlu memberikan gaya kecil untuk mengurangi laju kendaraannya. Gaya ini berupa injakan kaki pada pedal rem. Untuk mengetahui cara kerja rem hidrolik silahkan baca “cara kerja mensin hidrolik”

Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil
Secara umum, cara kerja mesin hidrolik mobil sama dengan dongkrak hidrolik hanya saja volume dan tekanan yang digunakan lebih besar, sehingga bisa mengangkat beban dengan kapasitas besar, sistem ini sekarang banyak diminati untuk penerapan nya sebagai bisnis Hidrolik cuci mobil yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita dan orang lain.

Hidrolik Mobil

 Pompa Sepeda
Pernahkah kamu memompa ban sepeda? Apakah kamu mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukannya? Jika kamu merasa kelelahan, dapat dipastikan bahwa kamu menggunakan pompa yang tidak memanfaatkan sistem Pascal.
Ada dua jenis pompa sepeda, yaitu pompa biasa dan pompa hidrolik. Kamu akan lebih mudah memompa ban sepedamu menggunakan pompa hidrolik karena sedikit mengeluarkan tenaga.

Mesin Pengepres Kapas (Kempa)
Mesin ini digunakan untuk mengepres kapas dari perkebunan sehingga mempunyai ukuran yang cocok untuk disimpan atau di distribusikan. Cara kerja alat ini adalah sebagai berikut. Gaya tekan dihasilkan oleh pompa yang menekan pengisap kecil. Akibat gaya ini, pengisap besar bergerak ke atas dan mendorong kapas. Akibatnya, kapas akan termampatkan.

Demikian lah penjelasan singkat yang dapat kami berikan, semoga bisa memberikan sedikit informasi buat anda yang ingin tau bagaimna prinsip dari cara kerja HIDROLIK MOBIL  yang saat ini mejadi Trend di masyarakat sebagai salah satu peluang bisnis menjanjikan untuk digeluti.


Social Media Sharing by CB Bloggerz